RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : Sekolah Dasar Negeri 004. Tembilahan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : V/I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 1 x 10 menit
I.
Standar Kompetensi :
§ Menghargai berbagai peninggalan dan
sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II.
Kompetensi Dasar : Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
III.
Indikator : Menyebutkan keanekaragaman
IV. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Keragaman suku bangsa dan budaya di
Indonesia
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 12 - 14)
Pertemuan
12-14
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Menjelaskan dengan menggunakan peta
persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
F Menjelaskan cara mengembangkan sikap
menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia
F Mengidentifikasi keragaman budaya dan
menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
Alat Peraga : Gambar keanekaraman suku
bangsa dan budaya di Indonesia
Peta/atlas
Indonesia
Sumber :
Buku IPS kelas V yang relevan
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menemutunjukkan
pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§ Mengembangkan
sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§ Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
§ Menyebutkan
macam-macam suku bangsa di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Jelaskan
dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui ……………..,……………. 20
Kepala Sekolah Guru
Kelas
................................ . ....................................................
NIP : ……………… NIP
:……………………………
0 komentar:
Posting Komentar