Senin, 28 Mei 2012

RPP IPS Kelas v


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   Sekolah Dasar Negeri 004. Tembilahan
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester         :   V/I (Ganjil)
Alokasi Waktu             :   1 x 10 menit

I.     Standar Kompetensi   :
§  Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu­-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

II.  Kompetensi Dasar       : Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
III. Indikator                    : Menyebutkan keanekaragaman

IV. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV.     Materi Pokok
§  Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
    
V.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 - 14)
Pertemuan 12-14
·       Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan dengan menggunakan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
F Menjelaskan cara mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia
F Mengidentifikasi keragaman budaya dan menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VI.             Alat Dan Sumber Bahan
          Alat Peraga   :   Gambar keanekaraman suku bangsa dan budaya di Indonesia
                                Peta/atlas Indonesia
      Sumber          :   Buku IPS kelas V yang relevan
                                            
VII.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§  Mengidentifikasi keragaman  budaya yang terdapat di   Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  
Tertulis
jawab singkat

­        Jelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



      Mengetahui                                                                                                  ……………..,……………. 20          
        Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas


         ................................       .                                                                               ....................................................
         NIP : ………………                                                                  NIP :……………………………


0 komentar:

Posting Komentar